Halaman

Minggu, 28 Agustus 2011

kata ganti orang "AKU"

sekilas info....
kata ganti orang atau disebut dengan pronomina personalia adalah segala bentuk kata yang digunakan untuk menggantikan kata benda atau yang dibendakan. salah satu bentuk katanya adalah 'AKU'. kata ganti 'AKU' ini merupakan kata ganti untuk orang pertama tunggal yang biasanya digunakan oleh pelaku utama atau orang yang sedang mengeluarkan kata-kata (berbicara atau menulis). penggunaan kata ini dapat diganti dengan bentuk kata lain tergantung dimana kata ini diucapkan. untuk menyatakan kerendahan diri, kata ganti aku di beberapa daerah diganti dengan bentuk kata hamba, sahaya, abdi, dll, dan untuk mengungkapkan suasana yang agung kata ini juga dapat diganti dengan kata kami yang merupakan kata ganti untuk orang pertama jamak, penggantian bentuk kata ini disebut dengan pluralis majestatis, ini katanya tatabahasa.tk looh!!

tapiii, bukan itu yang mau dibahas sebenarnya....

cerita berawal ketika mama nerima telfon dari papa tadi siang, ga tau karna sedang sibuk atau sedang ngobrol dengan orang lain, secara ga sengaja papa keceplosan bilang 'aku', kira-kira potongan kronologisnya seperti ini:

mama: bang, ntar tolong tanyain ke andri ya
papa: iya, ntar aku tanyain
mama: loh, kok pake aku sekarang, kenapa nih?
papa: hahaha (cuma bisa ketawa)

fyi, papa lebih sering berdomisili di jabodetabek, dan mama fixed di medan.

seperti yang sudah kita ketahui, kata 'aku' jika digunakan diwilayah jabodetabek merupakan kata yang sopan yang biasa digunakan pada percakapan di dalam keluarga atau dalam suasana yang lebih intim, tapi kalau di medan atau sumatera pada umumnya, kata 'aku' itu terggolong cukup kasar, tidak dianjurkan untuk digunakan di dalam percakapan keluarga dan biasanya hanya digunakan pada rekan sebaya, dan untuk suami-istri biasanya menggunakan sapaan 'bang-dek' atau 'bang-nama istri' disamping 'pa-ma', 'ayah-bunda', dll

jadi ingat, waktu saya masih kecil nenek pernah bilang kalau ga boleh pakai kata 'aku' sama keluarga, katanya ga sopan, lebih baik pakai 'nama diri' kedengarannya lebih lembut dan lebih sopan.
beberapa hari yang lalu, saya pernah di protes ketika menggunakan kata 'nama diri' disamping menggunakan kata 'aku' dalam percakapan dengan pacar (orang jabodetabek). aaiiiih!!!
karna dibesarkan di medan, sebenarnya ngerasa ga terbiasa dengan kata 'aku' untuk orang terdekat (baca: bukan teman biasa), rasanya seperti tidak menghargai pasangan, jadinya lebih enak diganti dengan sapaan 'yang' atau 'sayang' :)
ingin tukar sapaan yang lebih sopan disamping aku-kamu boleh?!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...